OPTIMALISASI PELAYANAN BALAI KESEHATAN DINAS KESEHATAN LANTAMAL II PADANG GUNA MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN PERSONEL DANKELUARGA DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS TNI AL

Authors

  • Candra Wijayanto Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut Author
  • Dr. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si. Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut Author
  • Arnold Oktafianto Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut Author

Keywords:

balai kesehatan, tenaga medis, paramedis, sistem informasi dan teknologi P-Care BPJS, sarana prasarana

Abstract

Komando Armada Republik Indonesia I yang didukung oleh Pangkalan Utama TNI AL II (Lantamal II) Padang melaksanakan tugas dalam menegakkan hukum dan kedaulatan negara diseluruh perairan yurisdiksi nasional Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya dengan optimal, Lantamal II Padang melalui satuan kerja Dinas Kesehatan (Diskes)perlu memastikan bahwa personel dan keluarganya memiliki kualitas kesehatan yang baik. Keterkaitan antara mendukung tugas TNI AL dengan meningkatkan kualitas kesehatan personel dan keluarga merupakan hasil dalam pelaksanaan optimalisasi pelayanan kesehatan, yakni dengan meningkatkan pelayanan kesehatan personel dan keluarga sehingga tugasorganisasi dapat berjalan dengan baik. Namun pada kenyataannya Balai Kesehatan Dinas Kesehatan Lantamal II Padang saat ini belum optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh personel dankeluarga. Hal ini disebabkan beberapa permasalahan diantaranya kuantitasdan kualitas tenaga medis dan paramedis yang ada masih kurang, sistem pengelolaan informasi dan tehnologi P-Care BPJS yang belum maksimal dan kurangnya sarana prasarana yang digunakan dalam pemberian pelayanan. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan sumbang saran pemikiran kepada Pimpinan TNI Angkatan Laut, Dinas Kesehatan Angkatan Laut, dan Dinas Kesehatan Koarmada I dalam rangka optimalisasi pelayanan BalaiKesehatan Dinas Kesehatan Lantamal II Padangguna meningkatkan kualitas kesehatan personel dan keluarga dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut. Perlu pemenuhan tenaga medis dan paramedis yang sesuai dengan kebutuhan fasilitas kesehatan setingkat Lantamal, pengelolaan sistem informasi dan teknologi aplikasi P-Care BPJS yang baik serta pengadaan sarana prasarana fasilitas kesehatan setingkat balai kesehatan sehingga kualitas kesehatan personel dan keluarga meningkat dan dapat mendukung tugas TNI Angkatan Laut

 

Kata Kunci: balai kesehatan, tenaga medis dan paramedis, sistem informasi dan teknologi P-Care BPJS, sarana prasarana

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

OPTIMALISASI PELAYANAN BALAI KESEHATAN DINAS KESEHATAN LANTAMAL II PADANG GUNA MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN PERSONEL DANKELUARGA DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS TNI AL. (2024). JURNAL ILMIAH KAJIAN KEANGKATANLAUTAN, 6(1), 1-9. https://jurnalseskoal.id/index.php/jikk/article/view/3