OPTIMALISASI PELAYANAN BPJS DI SATKES dr. SASONGKO GUNA MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN SISWA DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS KODIKLATAL
Keywords:
BPJS Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Derajat Kesehatan Siswa , Tugas KodiklatalAbstract
Satkes dr. Sasongko Kodiklatal Merupakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dimana Klinik pratama menjadi salah satu FKTP yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelayanan kesehatan menyelenggarakan pelayanan medis dasar yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Penerapan Pelayanan BPJS di satkes dr. Sasongko Kodiklatal saat ini masih belum optimal. Hal ini berpotensi besar mengakibatkan terjadinya kurang optimalnya pelayanan kesehatan sehingga berpengaruh terhadap derajat kesehatan siswa Kodiklatal. Tugas Karya Perorangan ini disusun menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan dan pengalaman penugasan. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran pelaksanaan pelayanan BPJS di satkes dr. Sasongko Kodiklatal dan kondisi yang diharapkan guna meningkatkan derajat kesehatan siswa dalam rangka mendukung tugas Kodiklatal. Pada penulisan ini dibahas pelayanan BPJS Kesehatan di Satkes dr. Sasongko Kodiklatal ditinjau dari sumber daya manusia yang kurang optimal, sarana dan prasarana perangkat pendukung yang belum terenuhi dan peralihan kepesertaan BPJS yang belum optimal. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa sumber daya manusia belum terpenuhi baik dari segi kuantitas maupun kualitas, sarana dan prasarana pendukung pelayanan kesehatan yang belum terenuhi dan kepesertaan BPJS siswa yang belum optimal. Upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi sumber daya manusia belum optimal adalah dengan penambahan jumlah personil dan pelatihan kemampuan personel pengawak pelayanan BPJS Kesehatan. Untuk mengatasi masalah sarana dan prasaranana serta perangkat pendukung yang belum terenuhi diperlukan upaya pemeliharaan dan penyediaan perangkat pendukung yang memadai dan koordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan. Terkait dengan peralihan kepesertaan BPJS siswa yang kurang optimal, maka perlu adanya sosialisasi dan regulasi bagi siswa dan pihak sekolah terkait kepesrtaan BPJS Kesehatan siswa itu sendiri. Upaya-upaya ini ditujukan agar pelayanan BPJS di Satkes dr. Sasongko dapat berjalan dengan baik sehingga meningkatkan derajat kesehatan siswa dalam rangka mendukung tugas Kodiklatal.
References
Aziz, A. (2018). Jaminan Sosial dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 89-102
Hasibuan, (2019), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.
Ida Yunari Ristiani, (2017). Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien, Coopetition Vol VIII Nomor 2 November 2017. H.155-156
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka), 1994,h. 800
Soemarno, S., & Rahardjo, B. T. (2018). Analyzing Project Risks in Infrastructure Development. MATEC Web of Conferences, 159, 02081.
Susatyo Herlambang (2016), Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah sakit. Yogyakarta: Goysen Publishing, Hal 73
Winardi, Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour), (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1996)
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 34 tahun 2004 tentang TNI
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2014, tentang Tenaga Kesehatan
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 71 Tahun 2013, tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 28 Tahun 2014, tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor Kep/1781/XII/2013, tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan di Lingkungan TNI Angkatan Laut
Ramadhan, IPA. (2016). tentang-kesehatan -Masyarakat, diakses tgl 27 juni 2023, https://www.scribd.com/document/teori-BLUM
Pengertian prasarana, diakses tanggal 10 Juni 2023, https://kbbi.web.id/prasarana
Pengertian sarana, diakses tanggal 10 Juni 2023, https://kbbi.web.id/sarana
Pengertian Primary-care BPJS diakses tanggal 15 Juni 2023, https://www.ilmubahasa.net/primary-care