OPTIMALISASI PELAYANAN RAWAT INAP BEDAH RUMKITAL DR. MINTOHARDJO GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS TNI AL

Authors

  • Eka Trina Saputri, A.Mk. Strategi Operasi Laut, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Jakarta Selatan, Indonesia Author
  • DR. Ali Ridlo, S.H., M.M. Strategi Operasi Laut, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Jakarta Selatan, Indonesia Author
  • Udin Solehudin Strategi Operasi Laut, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Jakarta Selatan, Indonesia Author

Keywords:

Pelayanan kesehatan, rawat inap, SDM, sarana prasarana

Abstract

Rumkital Dr Mintohardjo merupakan Rumah Sakit rujukan TNI AL tingkat II di wilayah Indonesia bagian barat yang bertugas melaksanakan pelayanan kesehatan bagi anggota TNI AL/ PNS dan keluarganya. Rawat inap bedah merupakan bagian dari Departemen bedah Rumkital Dr Mintohardjo yang perlu dilakukan optimalisasi sehingga kondisi rawat inap bedah Rumkital Dr Mintohardjo saat ini menjadi kondisi yang diharapkan, yang pada akhirnya tugas TNI AL dapat terdukung. Agar tercapai kondisi yang optimal perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan terhadap: metode pelayanan keperawatan, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia serta peningkatan dan pengadaan sarana dan prasarana. Dengan dilandasi oleh, Undang Undang Republik Indonesia No 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia, dan Undang Undang Republik Indonesia No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, Undang-undang Republik Indonesia No 38 tentang Keperawatan, Standar rawat inap Kemenkes,  serta teori-teori tentang Teori Asuhan Keperawatan dan Teori Tenaga Keperawatan. Diharapkan akan menjadi landasan untuk dilakukan optimalisasi pada Rawat inap bedah Rumkital Dr Mintohardjo. Pelaksanaan optimalisasi juga tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor eksternal dan internal. Di dalam faktor-faktor tersebut terdapat beberapa peluang yaitu: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terakreditasinya Rumkital Dr Mintohardjo, peningkatan peran serta kerjasama dengan instansi luar, kebijakan terkait peningkatan SDM, namun masih terdapat beberapa kendala yaitu minimnya sosialisasi, kurangnya penyegaran ketrampilan SDM, jumlah DSP yg lebih sedikit dari jumlah riil personel, sarana dan prasarana yang terbatas. Diharapkan peluang tersebut akan mempercepat kondisi untuk tercapainya optimalisa. Kebijakan perlu melibatkan Mabesal, Diskesal dan Rumkital Dr Mintohardjo, agar dapat disusun strategi dalam menyusun metode asuhan keperawatan, peningkatan kualitas dan kuantitas SDM dan pengadaan sarana dan prasarana dengan upaya-upaya yang bersifat koordinasi, regulasi, evaluasi, dan instruksi.

References

A.H. Maslow, Motivation and Personality, New York: Harper and Brothers Publisers, 1954.

Amalya,Okta Kurnia, Faktor Risiko Kelelahan Kerja pada Perawat, Artikel dalam Jurnal Kesehatan Volume 13,no. 3, 2022.

Douglass,L.M.,.The Effective nurse: Leader and Manager, St. Louis Mosby, 1984.

Gillies,D.A.Nursing Management: A system approach, Philadelphia: W.B. Sauder Company,1989

Hendro Bidjuni,”Manajemen Askep terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan,”Artikel dalam Jurnal Ilmu Keperawatan 5,no. 2, 2017.

Maghfuri,Ali, S.Kep.CBWC. Buku Pintar Keperawatan Konsep dan Aplikasi, Jakarta, 2015.

Murti B. Mengembangkan Indikator Kualitas Pelayanan Kesehatan Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan vol.06/No.2/2003.

Menik,Komang,S.K ,”Metode Asuhan Keperawatan Profesional” (S1 Kep, Universitas Udayana,2017).

Nursalam, Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam praktek keperawatan professional, Edisi 4, Jakata, 2014.

Tsauri,Sofyan,H,Dr,M.M. Manajemen SDM, Jember, 2013.

Tuasikal,Hani,S.Kep.,Ns.,M.Kep”Manajemen Keperawatan, Banten: Desanta Muliavisitama, 2020

Media Perawat Indonesia, “Model Praktik Keperawatan Profesional”, https://media perawat.id/model- praktik- keperawatan -profesional/, diakses pada 26 Juni 2023.

Mingseli, Pengertian Optimalisasi,2020, diakses pada tgl 17 Juni 2023 https://www.mingseli.id/2020/11/pengertian-optimalisasi-menurut-para-ahli.html

RS Krakatau Medika, “Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit”, https://krakataumedika.com/info-media/artikel/pelayanan-rawat-inap/, diakses pada 3 Juli 2023.

Waode, Sarni, “Rumus Douglas”, http://waodesarni.blogspot.com/ 2016/01/rumus-douglas.html, diakses pada 26 Juni 2023.

Sumiatun,Hestin Kusmulyanti,”Analisis Jumlah dan kualitas Tenaga Perawat di Ruang Perawatan RS Husada.”, https://lib.ui.ac.id/detail.jsp, diakses pada 26 Juni 2023.

Undang undang Republik Indonesia Nomor 34 Th 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia

Undang undang Republik Indonesia No 36 Th 2009 tentang Kesehatan

Undang-undang RI No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit

Undang-undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Kesehatan

Undang-undang No 38 tahun2014 tentang Keperawatan

Permenkes RI Nomor. 24 tahun 2016 tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit

Permenkes RI Nomor. 40 tahun 2022 tentang Persyaratan Teknis Bangunan, Prasarana dan Peralatan Kesehatan Rumah Sakit

Keputusan Dirjen Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/1812/2022 tentang Petunjuk Teknis Kesiapan sarana Prasarana Rumah Sakit Dalam Penerapan Kelas Rawat Inap Standa Jaminan Kesehatan Nasional

Keputusan Kasal Nomor Kep /471/III/2012 tentang DSP pada Organisasi Rumkital Dr. Mintohardjo

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

OPTIMALISASI PELAYANAN RAWAT INAP BEDAH RUMKITAL DR. MINTOHARDJO GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS TNI AL. (2024). JURNAL ILMIAH KAJIAN KEANGKATANLAUTAN, 6(3), 71-83. http://jurnalseskoal.id/index.php/jikk/article/view/35