KONSEPSI SISTEM PENILAIAN KEPRIBADIAN GUNA MENDAPATKAN OBYEKTIVITAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL DIDIK PASIS SESKOAL
Keywords:
Nilai Kepribadian, Nilai Akademis, Nilai Jasmani, Analisis Regresi Linier BergandaAbstract
Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) adalah lembaga pendidikan tertinggi di TNI Angkatan Laut, seskoal dalam melaksanakan kegiatan belajar siswanya menerapkan evaluasi terhadap 3 (tiga) komponen yaitu akademik, kepribadian dan jasmani. Penilaian kepribadian pada tahap awal untuk semua siswa diberikan nilai yang sama yaitu 78 memberikan kesan kurangya obyektivitas dalam pemberian nilai awal kepribadian tehadap Perwira Siswa (Pasis). Permasalahan tersebut melatar belakangi penulis untuk melaksanakan penelitian mengenai pengaruh nilai akademik dan nilai jasmani terhadap nilai kepribadian Pasis Seskoal. Melalui metode statistic dengan Analisis Regresi Linier Berganda penulis mendapatkan model terbaik yang menggambarkan hubungan antara nilai akademis dan nilai jasmani terhadap nilai kepribadian Pasis Seskoal yaitu Nilai akademik berpengaruh positif signifikan terhadap nilai kepribadian dengan tingkat signifikansi (β= 0.508 p: 0.000<0.05), Nilai jasmani berpengaruh positif signifikan terhadap nilai kepribadian dengan tingkat signifikansi (β= 0.042 p: 0.000<0.05).
Selanjutnya model tersebut divalidasi dengan data nilai Pasis pada angkatan yang berbeda, hasil validasi model menghasilkan P-Value atau Asymp. Sig. (2-tailed) yang dihasilkan sebesar 0,081 yang lebih besar dari alpha=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa residual dari error telah memenuhi asumsi normalitas, sehingga model tersebut dapat digunakan untuk memprediksi nilai awal kepribadian dengan menggunakan nilai akademis dan nilai jasmani untuk masing-masing Pasis.
References
Adnan R., Mohamad, M. N., and Setan, H., Multiple Outliers Detection Procedures in Linear Regression, Matematika, 1, 2003, pp. 29-45.
Ardana, I Komang dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu,Yogyakarta.
Azuar Juliandi, Irfan, dan Saprina Manurung. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Bungin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Prenada Media, Jakarta Bloom,Taxonomy of Educational Objectives.
Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1. Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.
Dimyati & Mudjiono, 1994, Kartwohl & Bloom.
Drapper dan Smith, Applied Regression Analysis (Secon Edition), New York: John Wiley & Sons, Inc, 1981.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hasan, Iqbal, Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: GP Press, 2010.
Johansyah Lubis (2010), ”Etika dan Moral dalam Pendidikan Jasmani menuju Olahraga Prestasi”.
Maman Abdurahman, Sambas A.M., dan Ating S., 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Pustaka Setia, Bandung.
Pramana Saputra, Endah Mayasari, Karsim, Ikram Yakin. (2023). Jurnal “Management Business Innovation Conference” Vol 8 yang berjudul “Pengaruh Keaktifan Beroganisasi, Tipe Kepribadian Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik”.
Sasmoko. (2016). Journal Binus University, “Kepribadian Dalam Pendidikan.
Setiawan (2017), “Kepribadian Alet dan Non Atlet”, Jurnal Jendela Olahraga Volume 2, nomer 1.
Sofiyan Siregar. 2015. Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit: CV. Alfabeta: Bandung.
Teguh Aditya (2008), “Teori Belajar”. http://blogs.unpad.ac.id/teguh aditya/script_php/read/teori belajar
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Kasal Nomor 43 tahun 2008 tanggal 2 Juli 2008 tentang Pokok-Pokok Perangkat Kendali Pendidikan (Katdaldik) TNI Angkatan Laut.
Peraturan Komandan Seskoal Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penilaian Pasis Dikreg Seskoal.